Dia menegurku lewat malaikat kecil itu..



Bismillahirrahmanirrahim..

Alhamdulillah,, hari ini saya mendapat satu lagi pembelajaran dlm hidup saya..kali ini teguran itu disampaikan-Nya melalui seorang malaikat kecil yang bahkan tidak saya kenal sama sekali..
Bermula pada kemarin siang, ketika itu saya dan teman saya sedang berada di SD JUARA, yaitu sebuah sekolah yang dibangun oleh Rumah Zakat, organisasi yang kini tengah saya ikuti. Kami bermaksud untuk menghadiri syuro’ yang membahas tentang “Kemah Juara”, salah satu program yg akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang.
Karena sang ketua dan panitia yg lainnya belum hadir, kami pun berteduh dahulu di bawah pohon, karena memang cuaca saat itu sangat panas sekali. Teman saya duduk di atas motor yang dibawanya, sementara saya berdiri di sebelahnya.
Lalu, tiba2 saya merasakan haus yg teramat sangat. Akhir2 ini saya emang gampang sekali merasa haus, mungkin karena cuaca pun sedang panas2nya. Ketika hendak minum, saya teringat sebuah hadist yang melarang kita minum sambil berdiri, hadist yang saya dapatkan ketika saya masih duduk di bangku  SMA. Begini bunyi hadist itu :


“janganlah kalian minum sambil berdiri ! apabila kalian lupa, maka hendaknya muntahkanlah “ (HR. Muslim)

Saya pun langsung mengedarkan pandangan saya, mencari tempat yang bisa saya duduki untuk minum sejenak. Namun ketika itu, mata saya yang rabun ini tidak melihat sebuah kursi yang ada di balik motor. Mau duduk dimotor orang2 yg terparkir disana ? hm,,rasanya saya segan, takut kalau2 si empunya motor melihat saya sedang menduduki motornya..

Akhirnya, karena rasa haus yg sudah teramat sangat, ditambah saat itu saya tdk menemukan tempat yg bisa saya duduki sejenak,  saya pun melupakan hadist tersebut dan dengan santainya meneguk air mineral yg sedari td sudh saya pegang. Selang beberapa menit kemudian, rasa haus itu menghinggap di tenggorokan saya lagi, dan tanpa merasa berdosa, lagi2 saya meneguk air sambil berdiri.

Lalu, disinilah teguran-Nya itu terjadi. Salah satu siswi SD juara yang belakangan saya ketahui kalau dia masih duduk di bangku kelas 1, datang menghampiri saya. Tahukah teman2 apa yang diucapkannya kepada saya ? 
Dengan polosnya, dia berkata “ kak, kak, lain kali jangan minum sambil berdiri ya ! “



Astaghfirulloh.. betapa terkejut dan malunya saya ketika itu. Seolah-olah tiba2 ada petir yang menyambar di atas kepala saya, lalu belum lagi hilang kekagetan yg disebakan oleh petir itu, sebuah tamparan keras mendarat di pipi saya, yang menyebabkan wajah saya memerah, amat sangat merah sekali. 
Lalu, dengan wajah yg masih memerah karena malu, saya pun tersenyum kepada malaikat kecil itu, seraya berkata “ iya dhe’, terima kasih ya .“


Alhamdulillah, terima kasih ya Allah, Engkau masih mau menegurku lewat malaikat kecil itu, mungkin aku memang harus beristiqomah dgn hadist itu, aku juga di ingatkan untuk “ sami’na wa atho’ na, bukan sami’na wa ashoina."

*terima kasih kepada adik SD Juara yg telah menegur saya tadi, saya lupa menanyakan namanya.. semoga teguran adik td bsa mnjadikan diri ini utk lbh dan lebih baik lagi, teruslah berdakwah dengan ilmu yg sudah adik dapatkan, meskipun hanya hal2 kecil yg banyak dianggap sepele oleh orang lain, dan semoga Allah membalas kebaikanmu wahai malaikat kecil. Amin :)
Bumi Allah, 
20 April 2011

2 komentar:

  1. ilmu baru yg mengatakan bahwa jika kita minum duduk akan terbukalah saringan yg dapat menyaring suatu yg tidak baik..

    alangkah besarnya ilmu yg kita dapat tanpa kita ketahui maknanya atau maksudnya..
    semua itu adalah sunah2 rasul.

    BalasHapus
  2. "ilmu baru yg mengatakan bahwa jika kita minum duduk akan terbukalah saringan yg dapat menyaring suatu yg tidak baik.."

    oh ya ?
    baru tau loh kk dek..
    mkasih infonya :)

    semoga kita bisa mncontoh suri tauladan kita dgn baik ya dek,,
    menjalankan sunnahNya tanpa memilah-milah yg baik mnrt kita saja ^^
    aamiin..

    BalasHapus

pembaca yang baik adalah mereka yang meninggalkan jejak ^^